Search This Blog

Pengaruh Alat Trasnsportasi Terhadap kehadiran Mahasiswa

Laporan Penelitian
Pengaruh Alat Trasnsportasi Terhadap kehadiran Mahasiswa



Oleh
Hairil Sakthi Hr                     E 211 13 307
          Isman Triadnan                     E 211 13 50


Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Hasanuddin
2015
Data
Table1
ID
First Name
Last Name
Address
Mobile Phone
Category
Location
1
Hairil
Sakthi
jl. Damai
082393298169
(1) Category
1 km
2
Muhammad
Irham
jl. Politeknik
082394994188
(2) Category
1 km
3
Isman
Triadnan
jl.
089661919857
(2) Category
11 km
4
Febri
Sulkarnain
jl. Cumi cumi
08970376094
(2) Category
10 km
5
Suherman
Ahmad
BTP
085255548554
(2) Category
3 Km
6
Zaenal
jl. Racing
085241577268
(2) Category
4 km
7
Ariski
Wanti A
jl.
08990363766
(2) Category
5 km
8
Susi
Eka Prayamita
jl. Politeknik
082339664789
(1) Category
1 km
9
Herlina
Lukman
jl. P K 4
085248422227
(2) Category
2 km
10
A.Maryam
Ulfa
085242006624
(2) Category
5 km
11
Ummu
Kalsum
jl. Sejati
08992409359
(1) Category
1 km
12
Milsa
Fitrah
jl. Sejati
(1) Category
1 Km
13
Wahyuni
jl
089690387680
(3) Category
3 km
14
Suci
Fitriani M
Antang
089640090548
(3) Category
5 km
15
Minarwati
082193171151
(1) Category
2 km
16
Deltika
Sari W
NTI
082347538545
(3) Category
2 km
17
Nurfadillah
Salman
085343436353
(2) Category
2 Km
18
Nirmawati
jl. Sejati
085395501950
(1) Category
1 km
19
Amiruddin
BTP
085396536726
(2) Category
3 km
20
Zaenal
Basri
BTP
082393187498
(2) Category
3 km
21
Muhammad
Hidayat
Daya
085298824431
(2) Category
4 km
22
Fahruddin
BTP
081340638287
(2) Category
3 km
23
Ismail
Al Jamily
BTP
085342465756
(2) Category
3 km
24
Suaib
Side
089615484238
(2) Category
11 km
25
Riswan
BTP
085242802141
(2) Category
3 km
26
Edi
Aswar
085295989035
(2) Category
10 Km
27
Nuraminy
Sahudin
Antang
089654996791
(3) Category
6 km
28
Ayu
Dini S
BTP
089694905064
(2) Category
2 km
29
Fahrizal
David
BTP
082298717664
(2) Category
3 km
30
Arni
jl. Damai
08996754915
(1) Category
1 km

Ket : Kategori 1 ( Jalan Kaki )
         Kategori 2 (Kendaraan Pribadi )
         Kategori 3 ( Angkutan Umum )
            Berdasarkan data yang ditampilkan di atas dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut:
·         Untuk mahasiswa yang berkategori 1 terdapat enam orang
·         Untuk mahasiswa yang berkategori 2 terdapat sembilan belas orang
·         Untuk mahasiswa yang berkategori 3 terdapat lima orang
Data diatas merupakan bentuk data kuantitaf yang di hasilkan dari pemberian pertanyaan dan lembaran kousioner yang diberikan kepada mahasiswa sehingga menghasilan data yang seperti diatas. Dari data tersebut dapat dikatan bahwa mahasiswa yang berangkat kekampus dengan jalan kaki ( kategori 1 ) adalah sejumlah 20 % ( 6 × 100/30 ), mahasiswa yang berangkat kekampus menggunakan kendaraan pribadi adalah sejumlah 63,3 % ( 19 × 100/30 ), sedangkan mahasiswa yang berangkat ke kampus menggunakan angkutan umum sejumlah 16,7 % ( 5 × 100/30 ).
Berdasarkan tujuan dari penelitian ini yakni, untuk mengetahui pengaruh jarak dan alat terhadap keterlambatan mahasiswa mengikuti perkuliahan. Menurut kami yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah variabel bebas yang terdapat pada penelitian ini.


Variabel Bebas
·         Macet
·         Motivasi dan keinginan
·         Faktor pendukung lainnya
Variabel Terukur
·         Jarak
·         Alat
Variabel variebel diatas memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehadiaran mahasiswa untuk mengikuti pelajaran dikelas. Berdasarkan data yang di ambil, sekitar 60% lebih mahasiswa berangkat kekampus menggunakan kendaraan pribadi dan 40% sisanya menggunakan angkutan umum dan jalan kaki. Dengan menggunakan kendaraan pribadi maka dapat dikatakan bahwa persentase kehadiran berbanding lurus dengan jumlah pemilik kendaraan pribadi karena dengan adanya kendaraan pribadi maka akan memberikan motivasi dan kinginan lebih untuk mengikuti perkuliahan karena jarak dari tempat tinggal dengan kampus bisa tercapai dengan waktu yang singkat dalam artian pengevisienan waktu bisa tejadi. Tapi yang menjadi permasalahan besar adalah kemacetan, tidak dapat kita pungkiri bahwa secara umum yang menyebakan macet dikota adalah pengendara kendaraan pribadi, hal ini dapat diketahui dengan banyaknya jumlah  kendaraan pribadi yang ada, ditambah lagi dengan perlaku pengendara yang cenderung ugal ugalan
Sedangkan mahasiswa yang berangkat kekampus dengan kendaraan umum harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan memerlukan waktu yang tidak sedikit disebabkan oleh penumpang yang naik turun dan macetnya jalanan sehingga waktu yang digunakan untuk menempuh jarak antara tempat tinggal dengan dengan kampus bukanlah waktu yang sedikit, sehingga bisa menurunkan semangat serta motivasi untuk menghadiri perkuliahan.
Melihat dari beberapa hal diatas dan berdasarkan data yang ada, pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus bekerja sama dengan pihak kampus dalam menyelesaikan masalah kehadiran mahasiswa. Pertama pemerintah harus menyediakan alata transportasi umum yang baik dan berkualitas sehingga mahasiwa yang berangkat kekampus menggunakan angkutan umum dapat mencapai kampus dengan cepat dan aman serta terjangkau agar motivasi dan keinginan yang dimiliki oleh mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan tetap tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah adalah membuat kebijakan tentang transportasi khusus mahasiswa. Tapi sebelum itu pemerintah juga perlu meperbaiki infrastruktur jalan untuk memperlancar terlaksanan dengan lancarnya kebijakan tersebut.
Dalam hal ini pemerintah harus membuat regulasi kebijakan yang hampir sama dengan kebijakan bus sekolah, tapi yang di angkut adalah mahasiswa. Efek positif yang dapat timbul jika pemerintah membuat kebijakan seperti ini adalah :
·         Peningkatan kehadiran mahasiswa
·         Pengurangan kemacetan
·         Terbukanya lapangan pekerjaan



No comments:

Post a Comment

Terbaru

Misteri Kematian Sang Juara Olimpiade Matematika Asal Indonesia David Hartanto

                Seorang mahasiswa asal Indonesia di Nanyang Technology University ( NTU ) Singapura bernama David Hartanto diberitakan meni...