Laporan
Penelitian
Pengaruh Alat Trasnsportasi Terhadap kehadiran Mahasiswa
Oleh
Hairil Sakthi Hr E
211 13 307
Isman Triadnan E 211 13 50
Ilmu
Administrasi Negara
Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik
Universitas
Hasanuddin
2015
Data
Table1
|
||||||
ID
|
First Name
|
Last Name
|
Address
|
Mobile Phone
|
Category
|
Location
|
1
|
Hairil
|
Sakthi
|
jl. Damai
|
082393298169
|
(1) Category
|
1 km
|
2
|
Muhammad
|
Irham
|
jl. Politeknik
|
082394994188
|
(2) Category
|
1 km
|
3
|
Isman
|
Triadnan
|
jl.
|
089661919857
|
(2) Category
|
11 km
|
4
|
Febri
|
Sulkarnain
|
jl. Cumi cumi
|
08970376094
|
(2) Category
|
10 km
|
5
|
Suherman
|
Ahmad
|
BTP
|
085255548554
|
(2) Category
|
3 Km
|
6
|
Zaenal
|
jl. Racing
|
085241577268
|
(2) Category
|
4 km
|
|
7
|
Ariski
|
Wanti A
|
jl.
|
08990363766
|
(2) Category
|
5 km
|
8
|
Susi
|
Eka Prayamita
|
jl. Politeknik
|
082339664789
|
(1) Category
|
1 km
|
9
|
Herlina
|
Lukman
|
jl. P K 4
|
085248422227
|
(2) Category
|
2 km
|
10
|
A.Maryam
|
Ulfa
|
085242006624
|
(2) Category
|
5 km
|
|
11
|
Ummu
|
Kalsum
|
jl. Sejati
|
08992409359
|
(1) Category
|
1 km
|
12
|
Milsa
|
Fitrah
|
jl. Sejati
|
(1) Category
|
1 Km
|
|
13
|
Wahyuni
|
jl
|
089690387680
|
(3) Category
|
3 km
|
|
14
|
Suci
|
Fitriani M
|
Antang
|
089640090548
|
(3) Category
|
5 km
|
15
|
Minarwati
|
082193171151
|
(1) Category
|
2 km
|
||
16
|
Deltika
|
Sari W
|
NTI
|
082347538545
|
(3) Category
|
2 km
|
17
|
Nurfadillah
|
Salman
|
085343436353
|
(2) Category
|
2 Km
|
|
18
|
Nirmawati
|
jl. Sejati
|
085395501950
|
(1) Category
|
1 km
|
|
19
|
Amiruddin
|
BTP
|
085396536726
|
(2) Category
|
3 km
|
|
20
|
Zaenal
|
Basri
|
BTP
|
082393187498
|
(2) Category
|
3 km
|
21
|
Muhammad
|
Hidayat
|
Daya
|
085298824431
|
(2) Category
|
4 km
|
22
|
Fahruddin
|
BTP
|
081340638287
|
(2) Category
|
3 km
|
|
23
|
Ismail
|
Al Jamily
|
BTP
|
085342465756
|
(2) Category
|
3 km
|
24
|
Suaib
|
Side
|
089615484238
|
(2) Category
|
11 km
|
|
25
|
Riswan
|
BTP
|
085242802141
|
(2) Category
|
3 km
|
|
26
|
Edi
|
Aswar
|
085295989035
|
(2) Category
|
10 Km
|
|
27
|
Nuraminy
|
Sahudin
|
Antang
|
089654996791
|
(3) Category
|
6 km
|
28
|
Ayu
|
Dini S
|
BTP
|
089694905064
|
(2) Category
|
2 km
|
29
|
Fahrizal
|
David
|
BTP
|
082298717664
|
(2) Category
|
3 km
|
30
|
Arni
|
jl. Damai
|
08996754915
|
(1) Category
|
1 km
|
Ket
: Kategori 1 ( Jalan Kaki )
Kategori 2 (Kendaraan Pribadi )
Kategori 3 ( Angkutan Umum )
Berdasarkan
data yang ditampilkan di atas dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut:
·
Untuk
mahasiswa yang berkategori 1 terdapat enam orang
·
Untuk
mahasiswa yang berkategori 2 terdapat sembilan belas orang
·
Untuk
mahasiswa yang berkategori 3 terdapat lima orang
Data diatas merupakan
bentuk data kuantitaf yang di hasilkan dari pemberian pertanyaan dan lembaran
kousioner yang diberikan kepada mahasiswa sehingga menghasilan data yang
seperti diatas. Dari data tersebut dapat dikatan bahwa mahasiswa yang berangkat
kekampus dengan jalan kaki ( kategori 1 ) adalah sejumlah 20 % ( 6 × 100/30 ),
mahasiswa yang berangkat kekampus menggunakan kendaraan pribadi adalah sejumlah
63,3 % ( 19 × 100/30 ), sedangkan mahasiswa yang berangkat ke kampus
menggunakan angkutan umum sejumlah 16,7 % ( 5 × 100/30 ).
Berdasarkan tujuan
dari penelitian ini yakni, untuk mengetahui pengaruh jarak dan alat terhadap
keterlambatan mahasiswa mengikuti perkuliahan. Menurut kami yang harus
diperhatikan dalam hal ini adalah variabel bebas yang terdapat pada penelitian
ini.
Variabel
Bebas
·
Macet
·
Motivasi
dan keinginan
·
Faktor
pendukung lainnya
Variabel
Terukur
·
Jarak
·
Alat
Variabel variebel
diatas memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehadiaran mahasiswa untuk
mengikuti pelajaran dikelas. Berdasarkan data yang di ambil, sekitar 60% lebih
mahasiswa berangkat kekampus menggunakan kendaraan pribadi dan 40% sisanya
menggunakan angkutan umum dan jalan kaki. Dengan menggunakan kendaraan pribadi
maka dapat dikatakan bahwa persentase kehadiran berbanding lurus dengan jumlah
pemilik kendaraan pribadi karena dengan adanya kendaraan pribadi maka akan
memberikan motivasi dan kinginan lebih untuk mengikuti perkuliahan karena jarak
dari tempat tinggal dengan kampus bisa tercapai dengan waktu yang singkat dalam
artian pengevisienan waktu bisa tejadi. Tapi yang menjadi permasalahan besar
adalah kemacetan, tidak dapat kita pungkiri bahwa secara umum yang menyebakan
macet dikota adalah pengendara kendaraan pribadi, hal ini dapat diketahui
dengan banyaknya jumlah kendaraan
pribadi yang ada, ditambah lagi dengan perlaku pengendara yang cenderung ugal
ugalan
Sedangkan mahasiswa
yang berangkat kekampus dengan kendaraan umum harus mengeluarkan biaya yang
tidak sedikit dan memerlukan waktu yang tidak sedikit disebabkan oleh penumpang
yang naik turun dan macetnya jalanan sehingga waktu yang digunakan untuk
menempuh jarak antara tempat tinggal dengan dengan kampus bukanlah waktu yang
sedikit, sehingga bisa menurunkan semangat serta motivasi untuk menghadiri
perkuliahan.
Melihat dari beberapa
hal diatas dan berdasarkan data yang ada, pemerintah sebagai pembuat kebijakan
harus bekerja sama dengan pihak kampus dalam menyelesaikan masalah kehadiran
mahasiswa. Pertama pemerintah harus menyediakan alata transportasi umum yang
baik dan berkualitas sehingga mahasiwa yang berangkat kekampus menggunakan
angkutan umum dapat mencapai kampus dengan cepat dan aman serta terjangkau agar
motivasi dan keinginan yang dimiliki oleh mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan
tetap tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah adalah membuat
kebijakan tentang transportasi khusus mahasiswa. Tapi sebelum itu pemerintah
juga perlu meperbaiki infrastruktur jalan untuk memperlancar terlaksanan dengan
lancarnya kebijakan tersebut.
Dalam hal ini
pemerintah harus membuat regulasi kebijakan yang hampir sama dengan kebijakan
bus sekolah, tapi yang di angkut adalah mahasiswa. Efek positif yang dapat
timbul jika pemerintah membuat kebijakan seperti ini adalah :
·
Peningkatan
kehadiran mahasiswa
·
Pengurangan
kemacetan
·
Terbukanya
lapangan pekerjaan
No comments:
Post a Comment